MANAJEMEN INOVASI

Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik eksternal maupun internal. Analisis SWOT mengatur Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (Ancaman) yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah kisi-kisi yang sederhana.
Usaha Teh Poci merupakan usaha yang tergolong simple dan mudah. Dan sekarang ini Teh Poci sudah banyak diminati berbagai kalangan termasuk mahasiswa. Membuka usaha Teh Poci di sekitar Kampus/Sekolah tentu sangat strategis dan memberikan peluang yang besar. Dibalik peluang yang besar, pasti juga akan muncul hambatan juga.
Analisis SWOT
1. Strengths (Kekuatan)
- Harga Terjangkau
- Bahan baku mudah didapat
- Proses pembuatan tidak terlalu lama
- Terdapat berbagai macam rasa
- Produk sudah memiliki merk yaitu "Teh Poci"
- Kemasan menarik
2. Weaknesses (Kelemahan)
- Promosi hanya dari mulut ke mulut
- Produk mudah ditiru
- Tidak tahan lama
3. Opportunities (Peluang)
- Target pasar luas
- Tempat strategis
- Fasilitas cukup memadai
- Biaya produksi cukup murah
4. Threats (Ancaman)
- Banyaknya pesaing dengan produk yang sama
- Banyaknya usaha serupa
- Harga bahan yang semakin mahal
Pada dasarnya, minuman Teh Poci merupakan minuman dengan harga terjangkau tetapi dengan kualitas yang bagus dan dengan pembuatan yang hiegenis dan tergolong tidak lama. Tetapi dengan munculnya produk serupa, menciptakan ancaman tersendiri yang dapat menghambat usaha.
Referensi :
http://lifiendarwahono.blogspot.com/2017/02/bisnis-es-teh-gelas.html
Komentar
Posting Komentar